Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD WISNU YUDISTIRA - Personal Name

PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK EKSTRAK IKAN HARUAN (Channa striata) TERHADAP KEKUATAN TEKAN DAN PERUBAHAN WARNA GLASS IONOMER CEMENT (GIC) TIPE II SECARA IN VITRO

Glass Ionomer Cement (GIC) adalah salah satu bahan retorasi gigi yang sering digunakan. GIC memiliki sifat yang tidak dimiliki bahan restorasi lain, yaitu pelepasan fluor yang sangat baik untuk mencegah karies sekunder. Namun karena GIC memiliki kekuatan yang rendah dibandingkan bahan restorasi lain, maka GIC tidak bisa diaplikasikan pada berbagai macam kasus. Hal ini mendorong pengembangan bahan alami yang dapat membantu meningkatkan kekuatan GIC sehingga dapat memperluas indikasi penggunaannya. Ikan Haruan (Channa striata) merupakan komoditas yang sangat mudah dijumpai di Kalimantan Timur yang seringkali digunakan sebagai obat pasca operasi untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi serta mempercepat pemulihan tulang karena mengandung protein tinggi, mineral, asam lemak, dan asam amino.
Penelitian yang dilakukan adalah untuk membuktikan adanya pengaruh penambahan bubuk ekstrak ikan haruan (Channa striata) terhadap peningkatan kekuatan bahan tumpatan Glass Ionomer Cement (GIC) tipe II.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental laboratoris dengan pendekatan post-test only control group design. Terdapat 6 kelompok perlakuan, yaitu penambahan 10mg, 20mg, 30mg, 40mg, 50mg, dan tanpa penambahan (murni).
Kekuatan tekan terbesar dari glass ionomer cement (GIC) terdapat pada glass ionomer cement (GIC) murni tanpa penambahan esktrak ikan haruan yang menunjukkan nilai kekuatan tekan sebesar 37,0 MPa. Semakin banyak jumlah bubuk ekstrak ikan haruan yang ditambahkan, maka akan mengakibatkan kekuatan glass ionomer cement semakin menurun. Terdapat perbedaan kekuatan tekan antara glass ionomer cement (GIC) murni tanpa penambahan bubuk ekstrak ikan haruan dan glass ionomer cement (GIC) dengan penambahan ekstrak ikan haruan.
Glass Ionomer Cement (GIC) tipe II tanpa penambahan bubuk ekstrak ikan haruan memiliki kekuatan tekan yang paling besar dibandingkan dengan penambahan 10mg, 20mg, 30mg, 40mg, dan 50mg. Penambahan bubuk ekstrak ikan haruan mengakibatkan kekuatan glass ionomer cement menurun dan tidak terjadi perubahan warna.
Kata Kunci: Kekuatan Tekan, Glass Ionomer Cement, Bubuk Ekstrak Ikan Haruan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK EKSTRAK IKAN HARUAN (Channa striata) TERHADAP KEKUATAN TEKAN DAN PERUBAHAN WARNA GLASS IONOMER CEMENT (GIC) TIPE II SECARA IN VITRO
Pengarang MUHAMMAD WISNU YUDISTIRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2023
Subyek Kekuatan Tekan,
Glass Ionomer Cement,
Bubuk Ekstrak Ikan Haruan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran Gigi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua