Detail Cantuman Kembali

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN SEMBAKO KAMPUNG MELATI JAYA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)

Bantuan sosial sembako biasanya diberikan kepada kelompok masyarakat yang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang mampu atau rentan terhadap kondisi ekonomi yang sulit, seperti pengangguran, buruh harian, dan keluarga miskin. Penerima bantuan sembako adalah kelompok masyarakat yang kehilangan penghasilan, kelompok masyarakat dengan tingkat penghasilan rendah atau tergolong miskin dan lansia yang tidak dapat bekerja lagi. Program bantuan sembako ini bertujuan untuk memberikan bantuan bagi masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari hari seperti beras, minyak goreng, telur dan lainnya. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok sehari hari, sehingga dapat mengurangi beban hidup yang mereka hadapi. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuatlah sistem pendukung keputusan yang hasil perangkingannya dapat digunakan sebagai penetuan penerima bantuan sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Simple Multi Attribute Rating Technique atau sering dikenal sebagai metode SMART. Adapun kriteria pada penelitian ini adalah Pekerjaan, Penghasilan/Bulan, Usia, Jumlah Tanggungan dan Kepemilikan Rumah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diambil dari Kampung Melati Jaya dan data yang diolah berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dari data alternatif pada penelitian ini nilai terbesar ada pada A5 dengan NIK 6403061712740002 atas nama Dominikus Jawa Hodo dengan nilai 0,475 sebagai alternatif terbaik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN SEMBAKO KAMPUNG MELATI JAYA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)
Pengarang Muhammad Wahyudi Apriyanto - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH s 2023
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)
Bantuan Sembako
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua