Detail Cantuman Kembali
WAHYU KARTIKA - Personal Name

PENGARUH PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFICT ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SDN 018 SAMARINDA ULU

Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN 018 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran IPAS. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana pengaruh pendekatan Socio Scientifict Issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Socio Scientifict Issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis quasi eksperimen pada pembelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 018 Samarinda Ulu. Peserta didik yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 79 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang untuk melihat hasil belajar IPAS dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis soal dan analisis hipotesis penelitian.
Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 15.92 dan posttest sebesar 43.35, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 17.00 dan posttest sebesar 30.92. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol. Setelah diuji menggunakan uji mann-whitney U diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pererbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan SSI dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFICT ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SDN 018 SAMARINDA ULU
Pengarang WAHYU KARTIKA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAH p 2023
Subyek Berpikir Kritis
hasil belajar IPAS
Pendekatan Socio Scientifict Issues
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua