Detail Cantuman Kembali
Engelika Agatha Putri - Personal Name

Strategi Pengusaha UMKM Pabrik Tahu Sadino diKampung Tahu dan Tempe Kelurahan Selili dalam Upaya Mempertahankan Pekerja(Studi Kasus di Pabrik Tahu Sadino RT. 10 Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir)

Engelika Agatha Putri, 1602035042, Strategi Pengusaha Umkm Pabrik Tahu Sadino Di Kampung Tahu Dan Tempe Kelurahan Selili Dalam Upaya Mempertahankan Pekerja (Studi Kasus Di Pabrik Tahu Sadino Di Rt.10 Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir). Di bawah bimbingan Ibu Dr. Sukapti S.Sos., M.Hum dan Bapak Adi Rahman.S.Sos.M.Si sebagai dosen pembimbing, Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memegang peranan pentingdalam meningkatkan perekonomian daerah dan perekonomian nasional. UKM telah terbukti memainkan peran yang sangat penting. Penting untuk menghadapi akibat dan dampak dari krisis ekonomi yang terjadi 1997, ketika banyak perusahaan besar bersaksi Kebangkrutan, sedangkan UKM dapat bertahan dalam situasi krisis. Selain itu, sektor ini mampu meningkatkan pendapatan atau produk per kapita Produk Domestik Bruto (PDB) suatu kota berdasarkan kemampuannya menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.
Penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan Pak Sadino sebagai salah satu pelaku UMKM dalam upaya mempertahankan buruh yang bekerja di pabrik tahu miliknya, ditengah banyak nya risiko yang mereka hadapi dalam melakukan pekerjaan tersebut. Tujuan Penelitian untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan Pak Sadino dalam upaya mempertahankan buruh. Focus penelitian ini menggunakan teori strategi dan motivasi yang terdiri dari Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal. Teknik pengumpulan data yang diperoleh yaitu menggunakan teknik Purpossive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analasis data kualitatif bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi yang digunakan Pak Sadino dalam upaya mempertahankan buruh.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pak Sadino memanfaatkan Motivasi Internal maupun Eksternal dalam upaya nya mempertahankan buruh yaitu terdapat faktor ekonomi,kesempatan kerja, serta kemudahan yang diberikan oleh Pak Sadino selaku pemilik pabrik. Lalu, dengan focus yang dipilih yaitu Strategi dan Motivasi ada 6 strategi yang dilakukan oleh Pak Sadino yang membuat para buruh betah bekerja dengan Pak Sadino walaupun dihadapkan dengan risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Antara lain adalah Toleransi, Perhatian, Fleksibelitas kerja, dan gaji yang cukup besar perbulan nya.



Kata Kunci: Strategi, UMKM, Motivasi, Buruh, Pabrik Tahu

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Strategi Pengusaha UMKM Pabrik Tahu Sadino diKampung Tahu dan Tempe Kelurahan Selili dalam Upaya Mempertahankan Pekerja(Studi Kasus di Pabrik Tahu Sadino RT. 10 Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir)
Pengarang Engelika Agatha Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ENG s 2023
Subyek Kata kunci: peranan, kepemimpinan, motivasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Pembangunan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua