Detail Cantuman Kembali
Nur Haliza - Personal Name

PEMILIHAN MASKER TERBAIK UNTUK MENGHINDARI VIRUS COVID-19 MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS SAMARINDA)

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ialah penyakit menular yang menyebar melalui cairan droplet atau partikel udara dari saluran pernafasan yang terlontar saat seseorang berbicara, batuk ataupun bersin. Masker merupakan Alat Pelindung Diri (APD) yang menjadi standar penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Masker juga merupakan alat yang umum digunakan oleh masyarakat dan petugas medis ketika sakit atau menjalankan tugas di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memilih masker yang tepat untuk perlindungan diri dari virus Covid-19. Pemakaian masker telah ditegakkan di banyak negara terutama Asia, dimana dilaporkan hasil yang memuaskan dalam perlambatan penyebaran infeksi di Hongkong dan Singapura. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) terbagi menjadi beberapa jenis antara lain sistem berbasis aturan, berbasis model, sistem berbasis database, sistem berbasis pengetahuan dan kecerdasan buatan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan, diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dan efektif serta dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Dengan demikian, diperlukan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) agar mendapatkan keputusan masker terbaik. Kriteria dari data yang digunakan diambil dari pengisian google form dan telah mendapatkan 80 data dari masyarakat Kota Samarinda berupa kriteria yaitu lapisan masker, kualitas masker, efektifitas filtrasi masker, kenyamanan masker dan pemakaian berulang. Hasil dari penelitian akan mendapatkan masker terbaik yang dapat melindungi diri dari virus Covid-19.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMILIHAN MASKER TERBAIK UNTUK MENGHINDARI VIRUS COVID-19 MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS SAMARINDA)
Pengarang Nur Haliza - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2023
Subyek Virus Covid-19, Kriteria Masker, Sistem Pendukung
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua