Detail Cantuman Kembali
Fathimah Nurul Aini - Personal Name

Retorika Persuasif Aristoteles Dalam Seminar Motivasi Jamil Azzaini The New Me "Jalan Hijrah Menuju Hati Yang Jernih" (Channel Youtube Al-Bahjah TV)

Mempersuasi dengan teknik retorika merupakan suatu ilmu berbicara yang mengajak pendengar untuk terpengaruh terhadap pesan yang disampaikan. Media sosial menjadi salah satu strategi lain untuk mempesuasi pendengar terhadap topik yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan objek dari salah satu platfrom media sosial yang sangat banyak penggunanya yaitu youtube. Channel youtube yang akan menjadi objek adalah channel youtube Al-Bahjah TV yang terkenal dengan konten keislaman, dakwah, maupun seminar. Dalam penyampaian seminar motivasi yang disampaikan Jamil Azzaini, penulis akan menganalisis rumusan masalah yang diteliti yaitu penyampaian retorika persuasif Aristoteles dan implementasi etos, patos, dan logos. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyampaian retorika persuasif Aristoteles dan implementasi etos, patos, dan logos pada seminar motivasi yang berjudul “Jalan Hijrah Menuju Hati yang Jernih” dalam channel youtube Al-Bahjah TV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan tiga puluh data berdasarkan rumusan masalah yang pertama yaitu penyampaian retorika persuasif Aristoteles banyak menggunakan kata yang mengandung emosional, metafora, dan humor. Dan rumusan masalah kedua yaitu implementasi etos, patos, dan logos ditemukan sepuluh imlementasi etos, tiga belas implementasi logos, dan tujuh implementasi logos. Pada implementasi ini aspek patos yang paling banyak diterapkan Jamil Azzaini untuk mempersuasi pendengarnya. Kesimpulan dari penelitian ini dari ketiga aspek retorika persuasif Aristoteles maka dapat disimpulkan aspek patos yang paling banyak diterapkan dalam penyampaian seminar motivasi oleh Jamil Azzaini. Sedangkan aspek yang paling sedikit diterapkan adalah aspek etos dan aspek logos, karena penyampaian pesan yang disampaikan Jamil Azzaini sangat sedikit tuturan kalimat yang tidak menerapkan kredibilitas dan penalaran logika.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Retorika Persuasif Aristoteles Dalam Seminar Motivasi Jamil Azzaini The New Me "Jalan Hijrah Menuju Hati Yang Jernih" (Channel Youtube Al-Bahjah TV)
Pengarang Fathimah Nurul Aini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT r 2023
Subyek Retorika Persuasif Aristoteles, Channel Youtube, J
Jamil Azzaini
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua