Peran Guru Seabagai Motivator Dalam Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Pada Siswa Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 40 Samarinda
Catur Kismadi, Fakultas Keguruanndan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman .Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Pada Siswa Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 40 Samarinda. Di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. Warman, M. Si. Selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Suryaningsi, S. Pd., M. H selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa melaluimata pelajaran PPKn, kemudian kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada.
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Samarinda pada bulan Desember 2022-Februari 2023. Subjek penelitian ini ialah guru mata pelajaran PPKn, siswa-siswi, dan kepala sekolah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa melalui mata pelajaran PPKn telah terlaksana dan dijalankan dengan baik. Peran sebagai motivator, dilaksanakan dengan baik oleh guru PPKn SMP Negeri 40 Samarinda melalui suasana belajar yang diciptakan dengan menerapkan diskusi kelompok yang dilakukan antar siswa dan diakhir pembelajaran siswa menyampaikan kesan dan pesan terkait diskusi kelompok yang berlangsung, memberi pujian dengan kalimat membangun, serta menciptakan persaingan yang sehat dalam proses pembelajaran melalui kegiatan tanya jawab secara langsung. Dalam proses tersebut, terdapat kendala yang dihadapi oleh guru dan juga siswa yakni masih adanya siswa yang pasif dan tidak mau berpartisipasi dalam kegiatan untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada diri siswa. Untuk mengatasi kendala tersebut, baik guru dan siswa telah melakukan berbagai upaya seperti mengkomusnikasikan dan melakukan tindakan yang sesuai agar penanam sikap gotong royong dapat berjalan dengan baik pada proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Seabagai Motivator Dalam Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Pada Siswa Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 40 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Catur Kismadi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CAT p 2023 |
Subyek | Peran Guru, Motivator, Gotong Royong, PPKn |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY