Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023 tidak mencapai nilai KKM yaitu ≤70. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa KebangsaanMasa Penjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023”.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas V SDN 009 Sungai Kunjang yang berjumlah 28 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS materi Peristiwa Kebangsaan MasaPenjajahan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dandokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, presentase dan grafik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materiPeristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dengan model pembelajaran ProblemBased Learing pada siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjang mengalami peningkatan.Peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 41%pada siklus I, 66% pada siklus II, dan 83% pada siklus III dengan nilai dasarpada nilai prasiklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasilbelajar IPS materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dengan modelpembelajaran Problem based learing pada siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjang mengalami peningkatan. Selain itu, model Problem Based Learningjuga meningkatkan nilai ketuntasan siswa, dimana pada nilai prasiklus tarafkelulusan berada di angka 3 siswa atau 11%, dan ketuntasan sebesar 83% diraih setelah penggunaan metode Problem Based Learning dengan nilai KKM≥70.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Alya Shofiyyah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALY p 2023 |
Subyek | Hasil belajar IPS, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, ProblemBased learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY