Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Tema 7 Subtema 2 Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas Vkhususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan Penelitianini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa KebangsaanSeputar Proklamasi Kemerdekaan Tema 7 Subtema 2 Dengan Model ProblemBased Learning (PBL) pada siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang TahunPembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN009 Sungai
Kunjang yang berjumlah 28 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalahhasil belajar IPS materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaandengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakandi kelas V SDN 009 Sungai Kunjang pada semester genap. Teknik pengumpulandata pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafikHasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari
pra siklussebesar 44,3 dengan persentase siswa tuntas 11% (3 siswa). Pada siklus I
rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 62,67 dengan persentase siswa tuntas33% (9 siswa). Pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,92dengan persentase siswa tuntas 60% (17 siswa). Pada siklus III rata-rata hasil
belajar meningkat menjadi 81,35 dengan persentase siswa tuntas 78%(22 siswa). Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41%, pada siklus II
sebesar 66%, dan pada siklus III sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitiandanpembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materi PeristiwaKebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan dengan model pembelajaranProblem Based Learning pada siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjangmengalami peningkatan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Tema 7 Subtema 2 Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Nur Azipa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPS Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Problem Based Learning. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY