Detail Cantuman Kembali
ESTINUR - Personal Name

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP SOSIS IKAN LAYANG (Decapterus ruselli) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG SAGU (Metroxylon sp.)

Sosis merupakan produk emulsi daging ikan yang ditambahkan bahan pengisi, bahan pengikat dan bumbu-bumbu kemudian dimasukkan dalam selongsong berbentuk bulat panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisikokimia dan penerimaan konsumen terhadap sosis ikan layang (Decapterus russelli) dengan penambahan tepung sagu Metroxylon sp. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan Parameter uji yang diamati adalah kandungan proksimat, uji lipat, uji derajat putih, uji expressible moisuture content (EMC) dan uji hedonik. Data dari uji parameter dianalisis keragamanya mengunakkan ANOVA jika perlakuan memberikan pengaruh nyata di lanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik fisikokimia sosis ikan layang dengan penambahan tepung sagu terbaik pada P4 dengan kadar air 40,02% kadar abu 0,87% kadar lemak 0.14% kadar protein 9.89% dan kadar karbohidrat 49.16%. Hasil derajat warna pada sosis ikan layang dengan penambahan tepung sagu memiliki nilai terbaik pada P4 (20%) yaitu L*(Lightness) 55,94%, b*(Redness) 14,24%, a* (Yellownes) 0,93% dan derajat putih 53,40%. Analisis expressible moisuture content (EMC) perlakuan P4 merupakan perlakuan terbaik dengan nilai sebesar 41.58%. Penerimaan sosis ikan layang dengan penambahan tepung sagu yang paling disukai panelis yaitu pada P4 (20%) dengan warna 5 (agak suka), aroma 5 (agak suka), tekstur 6 (suka), rasa 6 (suka).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP SOSIS IKAN LAYANG (Decapterus ruselli) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG SAGU (Metroxylon sp.)
Pengarang ESTINUR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI EST k 2023
Subyek Penerimaan konsumen
karakteristik fisikokimia
Tepung sagu
Ikan layang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan Budidaya perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua