Detail Cantuman Kembali
Rahmat Andika - Personal Name

PENGARUH FORMULASI TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour) DAN TEPUNG TERIGU TERHADAP SIFAT SENSORIS DAN SIFAT KIMIA STIK BUAH NAGA SUPER MERAH (Hylocereus polyrhizus)

Stik merupakan olahan berbahan dasar tepung terigu, telur, mentega dan bahan pelengkap lainya.Stik merupakan salah satu makanan ringan atau jenis kue kering berbahan dasar tepung terigu yang digoreng. Dalam prakteknya stik biasanya diolah dengan bahan utama tepung terigu. Penggunanan tepung terigu dalam pembuatan stik harus diupayakan untuk meminimalisir pengunaannya, karena sumber bahan baku pembuatan tepung terigu (gandum) di Indonesia masih bersumber dari negara lain.Sehingga perlua adanya upaya untuk mengurangi ketergantungan menggunakan tepung terigu, salah satunya yaitu menggunakan tepung mocaf yang terbuat dari singkong,Buah naga dalam dalam penelian ini berperan selain sebagai pewarna alami pada stik sehingga warna stik dapat lebih menarik juga sebagai salah satu upaya deversivikasi pangan. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL).Hasil sidik ragam pada taraf α 5% menunjukan bahwa perlakuan formulasi tepung terigu dan tepung mocaf tidak berpengaruh nyata terhadap sifat sensoris aroma,rasa dan tekstur stik buah naga super merah,sehingga dapat disimpulkan bahwa formulasi tepung terigu dan tepung mocaf dapat diterima oleh panelis dengan rata-rata agak suka dan suka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH FORMULASI TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour) DAN TEPUNG TERIGU TERHADAP SIFAT SENSORIS DAN SIFAT KIMIA STIK BUAH NAGA SUPER MERAH (Hylocereus polyrhizus)
Pengarang Rahmat Andika - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH f 2022
Subyek Stik
tepung MOCAF
buah naga super merah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua