Peran Guru Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bangun
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan karakter siswa yang kurang baik, contohnya menyontek, berpakaian tidak rapi dan terlambat masuk ke sekolah. Peran guru sangat dibutuhkan untuk membangun karakter-karakter peserta didik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bangun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer sasarannya 2 orang guru dan 6 peserta didik kelas VIII dan menggunakan sumber data sekunder seperti dokumentasi profil sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini peran guru IPS dalam membangun karakter peserta didik melalui pembelajran IPS di SMP Negeri 1 Kota Bangun sudah berperan maksimal, dimana guru IPS telah melaksankan perannya seperti guru sebagai pengajar, guru sebagai pendidik, guru sebagai motivator untuk membangun karakter peserta didik dengan nilai-nilai yang dapat dikembangkan dalam diri peserta didik yaitu, karakter jujur, karakter disiplin dan karakter tanggung jawab.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bangun |
---|---|
Pengarang | Yani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YAN p 2023 |
Subyek | Peran Guru, Pendidikan Karakter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY