PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM
Probelem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning dengan bantuan Microsoft sway terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah The Matching-Only Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 2 Samarinda. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran problem based learning dengan bantuan microsoft sway dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran problem based learning dengan bantuan buku dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik test berupa soal post-test dan ulangan harian, dan teknik non-test berupa daftar jumlah siswa, nilai ulangan siswa, profil sekolah dan dokumentasi pada saat penelitian. Hasil analisis data menggunakan uji independent samples t test pada aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi 0.019 < α = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran problem based learning dengan bantuan microsoft sway terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom di kelas X MIPA MAN 2 Samarinda tahun ajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM |
---|---|
Pengarang | WIWIN ARIANI , - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIW p 2023 |
Subyek | Problem Based Learning, Microsoft Sway, Hasil Bela |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY