Detail Cantuman Kembali
Selprise - Personal Name

Analisis Gender Dalam Keluarga Nelayan di Kampung Nelayan Maju Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda

Selprise, 2022, Analisis Gender Dalam kelurga Nelayan di Kampung Nelayan Maju, Keluruhan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda. (Dibimbing oleh Fitriyana dan Wahyu Fahrizal).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji karakteristik individu keluarga nelayan di Kampung Nelayan Maju, kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.; 2) Menganalisis pola pengambilan keputusan dan pembagian kerja antara suami dan istri dalam keluarga nelayan pada sektor reproduktif, produktif dan sosial. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 37 keluarga nelayan. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif untuk mengkaji karakteristik individu keluarga nelayan di Kampung Nelayan Maju, kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda dan menganalisis pola pengambilan keputusan dan pembagian kerja antara suami dan istri dalam keluarga nelayan pada sektor reproduktif, produktif dan sosial dengan menggunakan teknik analisis gender Harvard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat umur dalam keluarga sebagian besar berada pada umur produktif. Tingkat pendidikan sebagian besar keluarga nelayan termasuk dalam ketegori rendah. Persepsi tentang gender dalam keluarga nelayan menunjukkan wanita dan laki-laki meyadari bahwa perbedaan jenis kelamin tidak menjadi masalah dalam menghidupi keluarga, tetapi justru saling mendukung. Pola pengambilan keputusan dalam keluarga nelayan yang menyangkut aktivitas reproduktif dominan ditentukan secara bersama-sama, pada aktivitas produktif dominan ditentukan oleh suami dan sosial kemasyarakatan tidak mengikuti pola tertentu atau ditentukan secara sepihak saja antara suami dan istri, tetapi memiliki pola yang menyebar antara suami dan istri. Pembagian kerja dalam keluarga nelayan yang menyangkut aktivitas reproduktif lebih banyak dilakukan oleh istri sedangkan pembagian kerja pada aktivitas produktif banyak dilakukan oleh suami dan pembagian kerja pada aktivitas sosial kemasyarakatan menyebar antara suami dan istri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Gender Dalam Keluarga Nelayan di Kampung Nelayan Maju Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda
Pengarang Selprise - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEL a 2013
Subyek Gender, Pengambilan Keputusan,
Pembagian Kerja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua