Analisis Kepuasan Pengguna Virtual Reality Tourism Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
Virtual Reality (VR) telah berkembang pada sektor pariwisata dimana manusia dapat menikmati destinasi wisata secara virtual yang disebut dengan VR Tourism. Industri pariwisata Indonesia yang memanfaatkan pengembangan teknologi ini adalah VR Tourism Kemenparekraf. Mayoritas literatur terdahulu membahas bagaimana VR digunakan pada bidang marketing, namun penelitian yang berfokus pada tanggapan pengguna terhadap layanan VR tourism yang masih sedikit dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kepuasan pengguna VR Tourism Kemenparekraf dengan memanfaatkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), sekaligus untuk melihat apakah metode ini masih relevan untuk digunakan. Responden ditentukan sebanyak 75 orang yang telah menggunakan VR tourism Kemenparekraf minimal satu kali. Data diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian yang menunjukkan semua variabel yang terdapat pada metode EUCS berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa puas terhadap VR tourism Kemenparekraf. Penelitian ini juga membuktikan metode EUCS masih relevan untuk digunakan untuk menguji kepuasan pengguna pada VR Tourism Kemenparekraf.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kepuasan Pengguna Virtual Reality Tourism Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction |
---|---|
Pengarang | Pingki - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PIN a 2023 |
Subyek | Kepuasan Pengguna Virtual Reality Tourism End User Computing Satisfaction Kemenparekraf |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY