Penerapan Model Use Questionnaire Untuk Menganalisis Usability Yang Dipengaruhi Oleh User Experience Pada Aplikasi Shopee
E-commerce diartikan sebagai kegiatan transaksi jual beli secara online melalui media berupa internet dan perangkat yang terhubung dengan internet. Shopee merupakan salah satu platformmarketplace terpopuler yang dipilih oleh masyarakat pada tahun 2022 berdasarkan data iPrice Group.Aspek kegunaan suatu aplikasi perlu diperhatikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Usability dapat mempengaruhi pengalaman pengguna selama penggunaannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh user experience dapat mempengaruhi usability dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna saat menggunakan aplikasi Shopee.Salah satu metode yang digunakan dalam mengalisa usability dan kepuasan pengguna yaitu dengan Use Questionnaire yang memiliki 4 parameter pengukuran yaitu Usefulness (kebergunaan), Ease of Use (kemudahan penggunaan), Easeof Learning (kemudahan mempelajari), dan Satisfaction (kepuasan penggunaan). Pengolahan data dilakukan dengan pengukuran usability dan bantuan software SmartPLS v4.0.8. Responden dalam penelitian ini yaitu pengguna aktif pengguna aplikasi Shopee di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel usefulness, ease of use, dan ease of learning memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dan yang mempengaruhi user experience pada tingkat usability yaitu variabel memorability, learnability, dan efficiency.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Use Questionnaire Untuk Menganalisis Usability Yang Dipengaruhi Oleh User Experience Pada Aplikasi Shopee |
---|---|
Pengarang | Mila Kartika Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIL p 2023 |
Subyek | Kepuasan Pengguna, Usability, Pengalaman Pengguna, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Sistem Informasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY