Detail Cantuman Kembali

Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Pembuatan Batik Tulis Kontemporer Oleh Galeri Batik Sekar Buen (Studi Kasus di Desa Bangun Mulya Kabupaten Penajam Paser Utara)

Pemberdayaan ibu Rumah tangga merupakan upaya memperbaiki status serta peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Upaya pemberdayaan dalam pembuatan batik tulis kontemporer juga merupakan lahan untuk membangun kapasitas perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pemberdayaan ibu rumah tangga dalam pembuatan batik tulis kontemporer oleh Galeri Batik Sekar Buen, 2) mengidentifikasikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan ibu rumah tangga dalam pembuatan batik tulis kontemporer oleh Galeri Batik Sekar Buen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan subjek penelitian adalah pengurus Galeri Batik Sekar Buen dan ibu-ibu pengrajin Galeri Batik Sekar Buen. Teknik analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi, data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Proses pemberdayaan ibu rumah tangga dalam pembuatan batik tulis kontemporer oleh Galeri Batik Sekar Buen Desa Bangun Mulya Kabupaten Penajam Paser Utara terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penyadaran, tahap transformasi kemampuan, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual. (2) Faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan ibu rumah tangga dibedakan menjadi dua faktor yaitu internal dan eksternal. Pada faktor internal terdapat pendukung yaitu SDM pada bidang produksi yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya ada pada SDM bidang marketing, promosi, teknisi, dan IT yang masih kurang memadai. Faktor eksternal pendukung pemberdayaan diantaranya adanya bantuan dari pihak luar seperti dana, sarana dan prasarana, dan binaan dari beberapa instansi, faktor penghambatnya diantaranya tidak tersedianya prasarana dan bahan baku yang masih mahal karena berasal dari luar pulau.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Pembuatan Batik Tulis Kontemporer Oleh Galeri Batik Sekar Buen (Studi Kasus di Desa Bangun Mulya Kabupaten Penajam Paser Utara)
Pengarang Afriza Ramadhona Patience - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AFR p 2023
Subyek Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga
Batik Tulis Kontemporer, Galeri Batik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua