Detail Cantuman Kembali
Nurhalimah - Personal Name

Analisis Gaya Bahasa Kiasan Lirik Lagu dalam Album Ego & Fungsi Otak oleh Fourtwnty

Nurhalimah. 2023. Analisis Gaya Bahasa Kiasan Lirik Lagu dalam Album Ego & Fungsi Otak Olah Fourtwnty. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dahri D, S.S., M.Hum.; Pembimbing II: Ian Wahyuni, S.S., M.Hum.
Kata kunci : ego & fungsi otak, fourtwnty, gaya bahasa kiasan, lirik lagu.
Lirik lagu dalam album Ego & Fungsi Otak oleh Fourtwnty menampilkan lirik lagu dengan gaya bahasa kiasan agar pendengar memahami maksud pengarang memahami maksud yang sampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk bahasa kiasan, makna, dan fungsi yang terdapat pada lirik lagu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kata, frasa, klausa pada lirik lagu dalam album Ego & Fungsi Otak oleh Fourtwnty. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari kumpulan lagu dalam album Ego & Fungsi Otak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik simak dan teknik catat analisis data dengan metode padan intralingual.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam lirik lagu pada album Ego & Fungsi Otak oleh Fourtwnty pada bentuk bahasa kiasan terdapat simile, alegori, alusi, sinekdoke, ironi, sinisme, sarkasme, dan personifikasi. Bentuk yang dominan yaitu personifikasi, karena pada lirik mengandung perumpamaan benda mati seolah hidup agar lebih menghidupkan suasana pada lirik lagu. Pada makna terdapat makna konseptual ditemukan data yang menyatakan aktivitas atau peristiwa, menyatakan sikap atau sifat, menyatakan perasaan atau emosi dan menyatakan benda. Kemudian makna asosiatif adalah bentuk makna dominan ditemukan data yang menyatakan aktivitas atau peristiwa, menyatakan sikap atau sifat, dan menyatakan benda. Adapun fungsi ditemukan fungsi instrumental, fungsi regulasi, fungsi pemerian, fungsi imajinatif, dan fungsi perorangan. Bentuk fungsi yang dominan yaitu fungsi perorangan, karena pada lirik lagu album Ego & Fungsi Otak banyak ditemukan fungsi tersebut dengan menyampaikan emosi pribadi, mengekspresikan perasaan, dan reaksi-reaksi perasaan lainnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Gaya Bahasa Kiasan Lirik Lagu dalam Album Ego & Fungsi Otak oleh Fourtwnty
Pengarang Nurhalimah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2023
Subyek Lirik Lagu
ego & fungsi otak, fourtwnty, gaya bahasa kiasan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua