INOVASI PELAYANAN MELALUI PRESENSI ONLINE BONTANG PRIMA DALAM RANGKA PENINGKATAN DISIPLIN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA BONTANG
Penelitian bertujuan menjelaskan inovasi pelayanan melalui presensi online Bontang Prima dan mengidentifikasi faktor yang mendasari inovasi tersebut dalamrangka peningkatan disiplin pegawai di BKPSDM Kota Bontang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi presensi online Bontang Prima telah memenuhi kriteria sebuah inovasi yang baik sebagaimana yang dikonsepkan oleh Rogers. Dimana kriteria Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Trialibility (Kemungkinan dilakukan Percobaan), dan Observability (Dapat diamati) semuanya terpenuhi dengan baik. Hal ini karena adanya komitmen dari pimpinan dan unsur bagian kepegawaian BKPSDM Kota Bontang untuk memberikan fasilitas kemudahan kepada para pegawai melalui pengembangan dan penggunaan aplikasi presensi online Bontang Prima yang berbasis android sebagai sistem dalam smartphone yang digunakan para pegawai. Untuk faktor yang berhasil di identifikasi dan menjadi mendasari inovasi pelayanan melalui presensi online Bontang Prima dalam rangka peningkatan disiplin pegawai di BKPSDM Kota Bontang, yakni pertama, faktor keamanan kesehatan yang berkenaan dengan Pandemi Covid-19 dan upaya penyebaran virus dan bakteri. Kedua aktor alamiah yang berkenaan dengan permasalahan kedisiplinan untuk melakukan presensi seperti ketika ada kehujanan yang lebat, banjir, ada tugas dinas, menemani tamu dan lainnya. Ketiga Faktor sarana dan prasarana, dimana alat presensi yang digunakan sebelumnya handkey sering bermasalah dalam merekam kehadiran, dan tidak transparan atau terbaca oleh individu pegawai. Keempat, faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dimana sudah saatnya menggunakan teknologi informasi berbasis android dan tersedia pada smartphone sehingga presensi bisa dimana saja, tanpa antri di lokasi terpasangnya alat presensi kantor.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | INOVASI PELAYANAN MELALUI PRESENSI ONLINE BONTANG PRIMA DALAM RANGKA PENINGKATAN DISIPLIN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | Sulih Wijiani - Personal Name |
No. Panggil | TESIS SUL i 2023 |
Subyek | Inovasi Pelayanan Presensi Online Bontang Prima Peningkatan Disiplin Pegawai, BKPSDM Kota Bontang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY