Analisis Interaksi Edukatif Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan interaksi edukatif antara guru dan siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses interaksi edukatif antara guru dan siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran dalam proses pembelajarannya berjalan cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan yaitu 1) penyampaian materi mata pelajaran IPS disampaikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Guru dalam menyampaikan materi menghubungkan dengan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, memberikan keteladanan, nilai-norma dan bagaimana bersikap dalam lingkungan sosial dan masyarakat. 2) Upaya guru untuk mendorong tanggapan balik siswa dengan mengadakan kuis, tanya-jawab dan diskusi kelompok.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Interaksi Edukatif Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Nur Hidayah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR a 2023 |
Subyek | Ilmu Pengetahuan Sosial Pembelajaran Interaksi Edukatif Interaksi Guru dan Siswa Edukatif Interaksi Pembelajaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY