"'Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas VII MTs Lukmanul Hakim Samarinda".
Moh. Abdan Kherul Baid, Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas VII MTs Lukmanul Hakim Samarinda. Dibimbing oleh: Ibu Dra. Suriaty, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Galih Yudha Saputra, S.Kom, M.Kom sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MTs Lukmanul Hakim Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs lukmanul hakim dengan 50 siswa. Kelas eksperimen I yaitu kelas VIIB dengan jumlah 25 siswa diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), kelas eksperimen II adalah kelas VIIA dengan 25 siswa diberi perlakuan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Teknik pengumpulan data melalui Tes hasil belajar (Posttest), Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan dua teknik yaitu analisis dekskriptif dan analisis inferensial yang melakukan 3 pengujian dasar yaitu uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Perhitungan menggunakan SPSS 27.0 Hasil uji Kolmogrov-Smirnov untuk melihat normalitas data posttest. Pada kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), diperoleh nilai p = 0,200, α = 0,05, p > α sehingga Ha diterima. Maka data berdistribusi normal. Pada kelas eksperimen II (VIIA) yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), diperoleh nilai p = 0,190 untuk α = 0,05, hal ini menunjukkan p > α maka Ha diterima. Ini berarti data skor hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berdistribusi normal. Pada uji homogenitas antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II diperoleh hasil Sig. 0,498, dengan perbandingan α = 0,05, maka Sig. > α (0,498 > 0,05) Ha diterima, Maka data tersebut berasal dari populasi yang memiliki varians yang sama (homogen). Pada uji t menggunakan program SPSS versi 27.0 di peroleh hasil perhitungan α = 0,05 lebih kecil daripada sig. atau (0,000 < 0,05) dan t hitung ≥ t tabel (3,714 ≥ 1,994) Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai posttest model Think Talk Write (TTW) dan model Problem Based Learning (PBL). kedua kelas tersebut memiliki perbedaan dimana t hitung ≥ t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | "'Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas VII MTs Lukmanul Hakim Samarinda". |
---|---|
Pengarang | Moh. Abdan Kherul Baid - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MOH p 2023 |
Subyek | Problem Based Learning (PBL) Think Talk Write (TTW), Problem Based Learning (PB Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Think Talk Write (TTW) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY