Analisis Pemasaran Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) Di Pokdakan Sindu Lestari Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda
Agung Faisal Abdillah, 2022. Analisis Pemasaran Ikan Lele Sangkuriang di Pokdakan Sindu Lestari Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. (Dibimbing oleh Muhammad Syafril dan Wahyu Fahrizal)
Tujuan penelitian ini mengetahui pola saluran pemasaran, usaha pembesaran ikan lele sangkuriang, fungsi pemasaran yang dilakukan pada setiap lembaga pemasarandan menganalisis kinerja pemasaran ikan lele sangkuriang yang meliputi margin, keuntungan dan farmer’s share. Penelitian ini menggunakan penelitian metode studi kasuspada anggota PokdakanSindu Lestari dan metode bola saljupada lembaga pemasaran. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat 2 pola saluran pemasaran yaitu pemasaran tingkat nol dan tingkat satu. Fungsi pemasaran pada setiap Lembaga pemasaran yaitu fungsi pertukaran (pembelian, penjualan), fungsi fisik (pengangkutan, penyimpanan) fungsi fasilitas (standarisasi, penanggung resiko, informasi pasar). Selanjutnya margin pemasaranpada produsen ke pedagang pengecer sebesar Rp. 6.000 per kg, keuntunganseluruhsaluranpemasaransebesar Rp. 4.266,49 per Kg. Dalam sekali proses pemasaran, margin saluran pemasarantingkat satu menghasilkan farmer’s share sebesar 76%.
KataKunci :SaluranPemasaran,Fungsi Pemasaran,danKinerja Pemasaran
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pemasaran Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) Di Pokdakan Sindu Lestari Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Agung Faisal Abdillah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AGU a 2023 |
Subyek | Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran dan Kinerja Pemasaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | |
Jurusan | SOSIAL EKONOMI PERIKANAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY