PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI KOLOID
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi koloid. Jenis Penelitian ini adalah penelitian semu dengan desain posttest only control group design. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kepada kelas XI IPA 1 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI IPA 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran direct learning. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada posttest di setiap akhir pertemuan. Ada atau tidaknya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh hasil 79,99. Hal ini berbeda signifikan dengan rata-rata hasil model pembelajaran direct learning yang memperoleh hasil 65,33. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi koloid.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI KOLOID |
---|---|
Pengarang | DIYANI SEPTIHADI NAZIHAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIY p 2023 |
Subyek | Koloid hasil belajar kognitif Inquiry training |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY