HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI SAMARINDA
Kemandirian belajar siswa merupakan hal yang penting untuk dimiliki, terutama karena pembelajaran saat ini dilakukan dengan metode blended learning. Orang tua memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan anak dalam mencapai kemandirian dalam belajar, mulai dari menyediakan sarana dan prasarana yang memadai hingga memberikan berbagai macam bentuk dukungan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan kemandirian belajar siswa SMA Negeri di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek berjumlah 100 responden yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan melalui skala dukungan orang tua dan skala kemandirian belajar. Analisis dilakukan menggunakan uji korelasi pearson product moment dan mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan kemandirian belajar siswa dengan nilai r hitung > r tabel (0.614 > 0.194), dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Artinya, semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi kemandirian siswa. Sebaliknya, semakin rendah dukungan orang tua, maka semakin rendah pula kemandirian siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SYARIFAH ZAHIRA AZZAHRA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SYA h 2023 |
Subyek | kEMANDIRIAN BELAJAR Dukungan orang tua |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY