Detail Cantuman Kembali
Rizky FIrmansyah - Personal Name

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Ecoliteracy Siswa Materi IPA Siklus Air Kelas V SDN 006 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Lingkungan disekitar siswa menjadi salah satu faktor pembentuk pengetahuan, keterampilan, tingkah laku, dan juga sikap siswa. Lingkungan sebagai sumber pengetahuan, dapat menghasilkan suatu luaran yang memberikanmanfaat untuk lingkungan itu sendir dan memiliki nilai positif bagi pembelajaran siswa. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis
lingkungan sebagai sumber kontekstual bagi peserta didik, serta sebagai pengembangan output model pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
menurunnya tingkat literasi lingkungan peserta didik kelas V SD Negeri 006 Sungai Kunjang dalam pembelajaran tematik khususnya pada muatan IPA.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap Ecoliteracy siswa pada materi IPA Siklus Air kelas V SDN 006 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 006 Sungai Kunjang. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes Ecoliteracy dan dokumentasi. Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, serta pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney karena hasil penelitian yang didapatkan berdistribusi normal dan tidak bersifat homogen. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 60 sebesar 0,008. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 maka H = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap Ecoliteracy Siswa pada Materi IPA Siklus air Kelas V SDN 006 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Ecoliteracy Siswa Materi IPA Siklus Air Kelas V SDN 006 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Pengarang Rizky FIrmansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIZ p 2023
Subyek Model Project Based Learning, Ecoliteracy, Siklus
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua