Detail Cantuman Kembali
Theresia Amara Damarani - Personal Name

ANALISIS DAMPAK PENGELOLAAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE SROI (SOCIAL RETURN ON INVESTMENT)(KECAMATAN TENGGARONG DAN MUARA BADAK,KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR)

Theresia Amara, 2023.Analisis Dampak Pengelolaan Sampah Menggunakan Metode Sroi (Social Return On Investment) (Kecamatan Tenggarong Dan Muara Badak, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur). Pembimbing I bapak Ir. Muhammad Busyairi, S.T., M.Sc.,IPM dan Pembimbing II bapak Dr. Ir. Abdul Kahar, S.T., M.Si.. Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi program pengelolaan sampah yang ada di Kecamatan Tenggarong dan Muara Badak serta dampak dan seberapa besar nilai dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihasilkan oleh program pengelolaan persampahan yang akan dilakukan. Pengelolaan sampah ini perlu dilakukan analisis dengan menggunakan metode Social Return On Investment (SROI).SROI adalah metode yang digunakan untuk mengukur nilai yang dilihat dari aspek sosial, lingkungan dan ekonomi. SROI menggunakan pendekatan yang akan mengidentifikasi, menilai, dan menghitung total manfaat yang dihasilkan oleh suatu proyek/program pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengelolaan persampahan yang akan dilakukan menghasilkan nilai investasi dampak dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan sebesar SROI rasio 0.08:1 rupiah artinya bahwa setiap investasi yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat selaku stakeholders sebesar 1 rupiah akan memperoleh dampak atau manfaat senilai 0.08 rupiah. Nilai ini termasuk kecil hal ini terjadi karena program masih dalam tahap perencanaan dan belum banyak program yang dilakukan sehingga nilai input yang dimasukkan hanya nilai perkiraan bukan nilai program yang sesungguhnya dihasilkan dan mempengaruhi hasil yang didapatkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS DAMPAK PENGELOLAAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE SROI (SOCIAL RETURN ON INVESTMENT)(KECAMATAN TENGGARONG DAN MUARA BADAK,KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang Theresia Amara Damarani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI THE a 2023
Subyek Dampak Pengelolaan, Pengelolaan Sampah,
Social Return On Investment
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua