Detail Cantuman Kembali
IGNASIUS MARADONA DORE - Personal Name

ABSORBSI DAN RETENSI PADA PENGAWETAN TANPA TEKANAN MENGGUNAKAN BAHAN PENGAWET TEMBAGA SULFAT ( CUSO4 ) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA PADA KAYU KARET (HEVEA BRASILIENSIS)

Pemakaian kayu bertujuan memanfaatkan pemakaian jenis-jenis kayu yang berkelas keawetan rendah dan sebelumnya belum pernah digunakan dalam pemakaian. Mengingat sumber kayu di Indonesia memiliki potensi hutan yang cukup luas dan banyak aneka ragam dari jenis kayunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi bahan pengawet tembaga sulfat (CuSO4) dan metode pengawetan tanpa tekanan pada jenis kayu Karet (Hevea brasiliensis) terhadap nilai retensi dan nilai absorbsi. Penelitian ini dilaksankan di Laboratorium Biologi dan Pengawetan Kayu Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda. Seluruh data diolah Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan analisis faktorial 3 x 3 dengan 10 kali ulangan. Parameter yang diukur adalah retensi dan absorbsi dengan metode pengawetan perendaman dingin, pencelupan, pemulasan dengan konsentrasi 6%, 8%, 10%. Metode pengawetan dengan konsentrasi bahan pengawet yang tinggi dan waktu yang lama maka nilai retensi bahan pengawet yang dihasilkan akan semakin tinggi. Nilai retensi terbesar adalah pada proses perendaman dingin dengan konsentrasi 10% dapat menghasilkan nilai retensi sebesar 18,51 g/m2 sedangkan nilai retensi terkecil adalah pada proses pemulasan dengan konsentrasi 6% menghasilkan nilai retensi sebesar 5,01 g/m2 . Nilai absorbsi terbesar adalah pada proses perendaman dingin dengan konsentrasi 10% dapat menghasilkan nilai retensi sebesar 0,185 kg/m2 sedangkan nilai retensi terkecil adalah pada proses pemulasan dengan konsentrasi 6% menghasilkan nilai retensi sebesar 0,083 kg/m2 .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ABSORBSI DAN RETENSI PADA PENGAWETAN TANPA TEKANAN MENGGUNAKAN BAHAN PENGAWET TEMBAGA SULFAT ( CUSO4 ) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA PADA KAYU KARET (HEVEA BRASILIENSIS)
Pengarang IGNASIUS MARADONA DORE - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IGN a 2022
Subyek pengawetan kayu,kayu karet, Tembaga Sulfat (CuSO4)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua