Detail Cantuman Kembali
FAHRURAZI - Personal Name

STRATEGI SANGGAR SENI KARYA BUDI DALAM MENJAGA KESENIAN TINGKILAN TRADISIONAL KUTAI DI KALIMANTAN TIMUR

Fahrurazi. 2022. “Strategi Sanggar Seni Karya Budi dalam Menjaga Kesenian Tingkilan Tradisional Kutai di Kalimantan Timur.” Skripsi Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Asril Gunawan, M.Sn.; Pembimbing II: Zamrud Whidas Pratama, S.Pd., M.Sn.
Tingkilan adalah salah satu kesenian musik tradisional yang berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara. Kesenian tingkilan saat ini telah mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Hasil dari perkembangan tingkilan kini telah melahirkan berbagai bentuk penyajian seperti congkil (keroncong tingkilan), tingkilan jazz, tingkilan dangdut, sehingga banyak pelaku seni atau sanggar seni banyak mengadopsi bentuk congkil (keroncong tingkilan)/tingkilan modern. Walau pun saat ini sudah banyak yang mengadopsi atau menyajikan bentuk tingkilan modern terdapat satu sanggar seni yang saat ini masih konsisten dengan bentuk tingkilan tradisional yakni Karya Budi.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang meliputi teknik pengumpulan data, observasi dan teknik analisis data. Adapun yang dimaksud dari pengumpulan data ialah studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Observasi adalah observasi meliputi objek penelitian dan penentuan informan. Terakhir adalah Teknik analisi data dengan memanfaatkan datadata yang telah ditemukan lapangan.
Hasil penelitian akan menjelaskan dengan fakta temuan di lapangan oleh penulis. Sesuai dengan judul skripsi yang di atas, pada tulisan ini akan memaparkan tentang strategi sanggar seni Karya Budi dalam menjaga kesenian tingkilan tradisional Kutai di Kalimantan Timur. Adapun penulis akan menjelaskan alasan sanggar seni Karya Budi masih konsisten dengan bentuk tingkilan tradisional serta strategi dalam mempertahankan kesenian tingkilan tradisional diera modern.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI SANGGAR SENI KARYA BUDI DALAM MENJAGA KESENIAN TINGKILAN TRADISIONAL KUTAI DI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang FAHRURAZI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAH p 2022
Subyek Strategi, faktor, dan bentuk musik.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan ETNOMUSIKOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua