PENGARUH FLIPPED-PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ELASTISITAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model flipped-problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik Sekolah Menengah Atas pada materi elastisitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain one-grup pretest-posttest. Teknik pengambilan data menggunakan indikator polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah dan melakukan pengecekkan kembali. Penilaian dilakukan dengan bantuan rubrik Minnesota Assesment of Problem Solving (MAPS) . Data dianalisis dengan menggunakan uji N-gain dan Wilcoxon Signed Rank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil pada uji Wilcoxon Signed Rank didapatkan hasil signifikansi p-value 0,00 dengan signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model flipped-problem based learning.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH FLIPPED-PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ELASTISITAS |
---|---|
Pengarang | Dwi Astuti Anggraeni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DWI p 2023 |
Subyek | kemampuan pemecahan masalah elastisitas flipped-problem based learning, Indikator Polya Rubrik MAPS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY