Detail Cantuman Kembali
sahriyansya - Personal Name

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 006 SUNGAI KUNJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sahriyansya, 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture pada Siswa Kelas III SDN 006 Sungai Kunjang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Muh. Ramli Buhari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Narasi, Model Picture and Picture
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam menulis narasi terutama di kelas III SDN 006 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2022/2023. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe PnP pada siswa kelas III SDN 006 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2022/2023?. Maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Kooperatif PnP pada siswa kelas III SDN 006 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 006 Sungai Kunjang yang berjumlah 29 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan menulis narasi dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe PnP pada siswa kelas III SDN 006 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan lembar observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan daftar penilaian menulis narasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan nilai menulis narasi, rata-rata, dan peningkatan keterampilan menulis narasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PnP pada siswa kelas III SDN 006 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siswa pada pra siklus sebesar 51,37 dengan persentase ketuntasan sebesar 34,50%, kemudian nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan sehingga menjadi 63,70 dengan persentase ketuntasan sebesar 55,17%, dan pada siklus II nilai ratarata siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 75,82 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,75%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 006 SUNGAI KUNJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Pengarang sahriyansya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAH u 2023
Subyek Keterampilan Menulis, Menulis Narasi, Model Pictur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan guru sekolah dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua