IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI NILAI PANCASILA DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI SMP NEGERI 8 SAMARINDA
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengimplementasian pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui nilai Pancasila dalam menangani kasus Bullying di SMP Negeri 8 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2023. Subjek penelitian adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa untuk melakukan tindak bully di sekolah serta kendala yang dialami pihak guru untuk menangani kasus bullying di sekolah serta peran guru PKn untuk mencegah tindakan bully di sekolah yang meliputi guru sebagai motivator , dan guru sebagai komunikator dan fasiltator. Penelitian ini didapatkan bahwa guru PKn sudah menjalankan perannya sebagai motivator dan fasilitator serta komunikator l untuk menumbuhkan sikap beretika dan bermoral kepada siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI NILAI PANCASILA DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI SMP NEGERI 8 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DIFA ARISMA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIF i 2023 |
Subyek | bullying PKn nilai Pancasila |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY