Detail Cantuman Kembali
Umi Sagita - Personal Name

Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda

Sagita, Umi. 2023. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing : (I) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd. dan (II) Dr. Rusdiana, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 24 siswa. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan terkait dengan kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat Miles dn Huberman (dalam Sugiyono, 2018) yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman masalah sangat sempurna mulai dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa kembali jawaban. (2) Siswa dengan kemampuan sedang memiliki pemahaman masalah yang rendah, yaitu siswa tidak menulis informasi yang diperoleh dari soal dan siswa kurang memahami soal dan minimnya strategi untuk menyelesaikan tes tulis dan tidak teliti dalam mengerjakan tes tulis di poin-poin tertentu. (3) Siswa dengan kemampuan rendah memiliki memiliki kemampuan pemahaman masalah yang rendah, yaitu siswa tidak menuliskan informasi yang ada pada soal dan langkah penyelesaian yang tidak tepat. Sedangkan pada langkah memeriksa kembali, siswa tidak mengecek kembali lembar jawaban karena siswa tidak memahami soal dan pesimis ketika mengerjakan, sehingga siswa tidak memiliki keinginan untuk memeriksa kembali lembar jawaban..

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda
Pengarang Umi Sagita - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI UMI p 2023
Subyek Kemampuan Pemecahan Masalah,,
Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua