Analisis Pelayanan Publik di Instalasi Rawat Jalan RSUD Taman Husada Kota Bontang
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan publik di instalasi rawat jalan RSUD Taman Husada Kota Bontang dan untuk mengetahui faktor penghambat dari pelayanan publik di instalasi rawat jalan RSUD Taman Husada Kota Bontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan akan dianalisis secara kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi (gabungan), analisis data ini mempunyai sifat induktif, dan hasil penelitian ini menekankan pada sebuah makna daripada generalisasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik terdiri dari lima dimensi yaitu Tangibles (bukti fisik) yang terlihat dari sarana dan prasarana yang belum optimal, kedua Reliability (keandalan) juga masih kurang optimal karena ketepatan waktu untuk memulai pelayanan di poliklinik masih rendah, ketiga Responsiveness (Daya Tanggap) sudah cukup optimal dapat dilihat dari bagaimana pegawai dalam menanggapi dan merespon kebutuhan pasien serta keluhan para pasien, keempat Assurance (Jaminan) dilihat dari Pegawai yang ramah dan sopan serta berlaku adil kepada semua pasien, kelima Empathy (Empati) dilihat dari kemudahan untuk berkomunikasi dengan petugas pendaftaran, perawat maupun dokter. Adapun faktor penghambat dari pelayanan publik instalasi rawat jalan RSUD Taman Husada Bontang adalah keadaan ruang tunggu yang kurang lapang untuk jumlah pasien yang banyak, tingkat disiplin dokter yang masih kurang, anggaran dari Pemerintah Kota yang terbatas bagi pemeliharaan gedung dan pembelian alat kesehatan serta penggunaan aplikasi pendaftaran online belum optimal karena keterbatasan masyarakat dalam menggunakan teknologi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pelayanan Publik di Instalasi Rawat Jalan RSUD Taman Husada Kota Bontang |
---|---|
Pengarang | Rizka Amalia Nurhadi - Personal Name |
No. Panggil | TESIS RIZ a 2023 |
Subyek | Pelayanan Publik Instalasi Rawat Jalan, Rumah Sakit Umum, Kota Bontang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Magister Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY