Detail Cantuman Kembali
Septia Hadi Wardana - Personal Name

Geologi dan Restorasi Penampang Struktur Pada Zona Antiklin Daerah Handil Bakti, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda

Kecamatan Palaran merupakan salah satu daerah di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang diketahui sebagai salahsatu daerah yang memiliki struktur cukup kompleks sehingga pada wilayah ini memiliki struktur geologi yang beraneka ragam yang perlu dikaji dan dipelajari lebih dalam. Untuk pemetaan struktur pada permukaan merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan karena untuk memahami secara keseluruhan kondisi geologi pada suatu daerah. Oleh karena itu dilakukan penelitian pada lokasi ini dengan tujuan untuk mengetahui kondisi geologi dan pola struktur yang berkembang serta hasil dari restorasi penampang struktur pada daerah penelitian dengan manfaat bisa dijadikannya dasar data permukaan untuk melakukan interpretasi Kawasan rawan bencana, pengembangan sumberdaya geologi yang meliputi eksplorasi pada pertambangan maupun sebagai dasar mempelajari permukaan bumi untuk pengembangan pembangunan berkelanjutan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu tahap pendahuluan berupa studi pustaka dan observasi awal kondisi lokasi penelitian. Tahap lapangan yaitu pengambilan data litologi, geomofologi, struktur geologi, stratigrafi, sampel batuan dan dokumentasi. Dan tahap pengolahan data hasil lapangan, analisis penampang dengan metode kink dan interpolasi Higgins, penyusunan laporan dan presntasi.
Geomorfologi daerah penelitian terdiri atas lima satuan bentuk lahan yaitu perbukitan antiklin, perbukitan homoklin, perbukitan terkikis, bukit sisa, dan dataran aluvial. Peta pola aliran menunjukan pola aliran subdendritik dengan stadia daerah penelitian yaitu stadia dewasa. Stratigrafi daerah penelitian terbagi atas satuan batupasir handil, satuan batupasir bukuan, dan endapan pasir lempung. Untuk lipatan antiklin daerah penelitian didapatkan nama Upright Gently Plunging dengan peta kelurusan menunjukan satu arah umum kelurusan yang berarah Tenggara – Barat Laut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Geologi dan Restorasi Penampang Struktur Pada Zona Antiklin Daerah Handil Bakti, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda
Pengarang Septia Hadi Wardana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEP g 2023
Subyek geologi, struktur, antiklin,
kink, higgins, palaran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Geologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua