Detail Cantuman Kembali
Raihana Rahmadina - Personal Name

FORMULASI DAN UJI KESTABILAN SEDIAAN FACE AND BODY LOTION SUNSCREEN BERBAHAN AKTIF EKSTRAK UMBI BAWANG DAYAK (Eleutherine bulbosa L. Merr.)

Bawang dayak (Eleutherine bulbosa) merupakan tanaman yang hidup liar dihutan Kalimantan dan sudah digunakan oleh masyarakat secara turun temurun sebagai tanaman obat. Pada tanaman ini tercatat memiliki aktivitas sebagai sunscreen sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan face and body lotion sunscreen yang berbahan aktif umbi bawang dayak. Lotion dibuat dengan menggunakan aquadest, gliserin, grape seed oil, setil alkohol, shea butter, asam sitrat, emulsifying-waxdan larutan buffer dengan menambahkan konsentrasi zat aktif ekstrak umbi bawang dayak dengan variasi konsentrasi 0,1%, 0,3% dan 0,5%. Pengujian dilakukan dengan menguji nilai SPF ekstrak, uji evaluasi fisik pada basis dan sediaan yang meliputi uji organoleptis (bau, warna dan tekstur), pH, daya sebar, homogenitas dan viskositas, dilakukan uji tipe lotion dan uji kestabilan yaitu uji sentrifugasi, suhu kamar dan cycling test. Hasil penelitian pada sediaan face and body lotion sunscreen ini menunjukkan bahwa pada ekstrak umbi bawang dayak mendapatkan nilai SPF tertinggi senilai 15,24 yang masuk dalam kategori ultra. Pada hasil pengujian sediaan organoleptis tidak berbau, berwarna kuning dan bertekstur semi solid; pH 5,49; daya sebar 6 cm ±0,057; sediaan homogen; viskositas 2.63815 cP±0,48303; tipe lotion minyak dalam air; nilai SPF sediaan 3,399 yang masuk dalam kategori minimal; serta untuk uji kestabilan (sentrifugasi, suhu kamar dan cycling test) stabil dan tidak ada endapan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FORMULASI DAN UJI KESTABILAN SEDIAAN FACE AND BODY LOTION SUNSCREEN BERBAHAN AKTIF EKSTRAK UMBI BAWANG DAYAK (Eleutherine bulbosa L. Merr.)
Pengarang Raihana Rahmadina - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAI f 2023
Subyek umbi bawang dayak
Lotion
Sunscreen
SPF
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua