kajian kesesuaian materi buku teks ilmu pengetahuan sosial terbitan erlangga untuk kelas ix di smp negeri 22 samarinda
PemilihanbukuteksterbitanErlanggabelum di sertaipengetahuan guru apakahbukutekstersebutsudahsesuaidengankurikulum yang berlaku. Tujuanpenelitianadalahmengetahuikesesuaianmateri pada bukuteksterbitanErlanggamatapelajaran IPS Kelas IX berdasarkankurikulum yang berlaku. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian Content Analysis yaitu sebuah teknik ilmiah untuk memaknai teks atau konten menggunakanpendekatan kualitatif,
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa buku teks ilmu pengetahuan sosial kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda dari aspek kelayakan isi 77,06% sudah sesuai. Adapun buku teks ilmu pengetahuan sosial kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda dari aspek kelayakan penyajian 72,50% sudah sesuai. Dari hasil yang di dapatkan bisa disimpulkan isi materi yang ada di dalam buku tersebut sudah sesuai dengan terdapatnya KI dan KD hal tersebut bisa diketahui dari adanya kelengkapan materi, keluasan materi dan kedalaman materi. Namun buku teks tersebut jika dilihat dari berdasarkan contoh, gambar, ilustrasi, peraturan dan kasus belum muttakhir tidak mengikuti perkembangan IPTEK dan juga referensi masih menggunakan acuan pustaka lama, sehingga hal ini buku teks tersebut masih harus disempurnakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | kajian kesesuaian materi buku teks ilmu pengetahuan sosial terbitan erlangga untuk kelas ix di smp negeri 22 samarinda |
---|---|
Pengarang | NURHAYATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR k 2023 |
Subyek | buku teks, kesesuaian materi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY