STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI KOTA SAMARINDA
Pentingnya strategi guru dalam pembelajaran tidak lepas dari munculnya berbagai hambatan yang dirasakan oleh siswa, oleh karena itu guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pembelajaran geografi kelas X IPS di Kota Samarinda. (2) untuk mengetahui penerapan strategi-strategi yang telah dipilih dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di kota Samarinda. (3) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang biasa digunakan oleh guru dalam pembelajaran meliputi penggunaan metode ceramah, diskusi, reseptif dan inkuiri, penerapan strategi dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di Kota Samarinda dilakukan melalui dua tahap yakni perencanaan dan tahap pelaksanaan dan hambatan yang dihadapi oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung ada beberapa, yakni berdsarkan karakter siswa, daya serap siswa, beberapa siswa yang pasif dan siswa yang tidak memperhatikan atau ramai dikelas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | CHRISTOFEL ADIOS SAMBORA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CHR s 2023 |
Subyek | Strategi Pembelajaran, Pelajaran Geografi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Geografi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY