Efektivitas Media Animasi dalam Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa selama Pembelajaran Online pada Materi Konfigurasi Elektron
Dina Suranti Asih, 2023. Efektivitas Media Animasi dalam Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Selama Pembelajaran Online pada Materi Konfigurasi Elektron. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Farah Erika, S.Si., M.Si. selaku pembimbing I dan Ratna Kusumawardani, S.Si., M.Pd. selaku pembimbing II.
Keterampilan berpikir dapat membantu siswa dalam menganalisis suatu masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan tepat, logis, objektif, serta bermanfaat. Pengembangan keterampilan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan media video animasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas media animasi dalam model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa selama pembelajaran online pada materi konfigurasi elektron. Metode penelitian pre-experimental tipe one group pretestposttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 12 Samarinda pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal pre-test dan posttest yang dibuat berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis, sedangkan data pendukung menggunakan lembar observasi guru dan siswa, serta lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan meda video animasi sebagai media pembelajaran. Proses pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan rerata peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada nilai N-Gain tergolong kategori sedang, rerata effect size tergolong kategori sangat tinggi, dan berdasarkan hasil uji t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (α = 5%) setelah penggunaan media video animasi, serta adanya respon positif terhadap penggunaan media video animasi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi pada model pembelajaran discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Media Animasi dalam Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa selama Pembelajaran Online pada Materi Konfigurasi Elektron |
---|---|
Pengarang | Dina Suranti Asih - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIN e 2023 |
Subyek | Media Pembelajaran Video Animasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Konfigurasi Elektron |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY