Detail Cantuman Kembali
Noviana Bungan - Personal Name

Analisis Kualitas Perangkat ajar guru PPKn di SMP Negeri 11 Samarinda

Noviana Bungan, 2022, penelitian tentang Analisis Kualitas Perangkat Ajar Guru PPKn SMP Negeri 11 di kota Samarinda, dengan Bimbinngan Prof. Dr. A. Hardoko., M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Dr. H. Asnar., M.Si sebagai pembimbing kedua.
Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian Analisis Kualitas Perangkat Ajar Guru PPKn Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif, dengan cara mengumpulkan data yang dilakukan langsung di lapangan menggunakan data penunjang seperti wawancara dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan di tanggal 16 September 2022 sampai selesai. Bertempat di lingkungan Sekolah SMPN 11 Samarinda dengan Guru sebagai fokus penelitian utama, siswa dan guru pendamping serta anggota organisasi sekolah sebagai informan pada penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kualitas Perangkat Ajar Guru PPKn SMP Negeri 11 Samarinda. Hasil penelitian yang berfokusan pada Peroses Pembuatan Perangkat Ajar, Peroses Penggunaan Perangkat Ajar dan Kualitas Perangkat ajar, Kendala yang terjadi menggunakan ataupun pembuatan perangkat ajar, dan Faktor Pendukung dan Saran Prasaran yang Tersedia, maka yang pertama sebagaimana dijabarkan pada hasil penelitian bahwa guru di SMPN 11 Samarinda menggunakan kurikulum K13 , dalam kurikulum K13 yang diberlakukan di SMPN 11 Samarinda perangkat ajar yang dipersiapakan guru PKn meliputi pembuatan program tahunan , program semester , hingga RPP. Namun terutama dalam pembuatan RPP walaupun guru PPKn sudah menggunakan buku panduan dalam penyusunan RPP namun guru tersebut mengalami kendala dalam melakukan pengaturan waktu dalam penyusunan RPP , menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Peran guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dirasa masih kurang. Selama ini guru hanya menggunakan perangkat pembelajaran yang telah ada.
Fakor pendukung sendiri bahwa SMPN 11 Samarinda sudah memenuhi sarana dan prasarana sebagai pendukung dalam pengimplementasian perangkat ajar serta sistem belajar mengajar di sekolah seperti ketersedian buku paket hingga ruang kelas. Dapat di simpulkan bahwa SMP Negeri 11 Samarinda sudah cukup baik dalam menggunakan perangkat ajar ataupun menyusun prangkat ajarnya dengan kualitas yang cukup baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kualitas Perangkat ajar guru PPKn di SMP Negeri 11 Samarinda
Pengarang Noviana Bungan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOVI a 2023
Subyek Prangkat Ajar, Guru, SMPN 11 Samarinda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua