Detail Cantuman Kembali
Novita Arima Laehe - Personal Name

Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Penyelesaian Sengketa Makedonia dan Yunani

Novita Arima Laehe, 1602045048, dengan judul skripsi “Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Penyelesaian Sengketa Makedonia dan Yunani”, di bawah bimbingan Bapak Andi Purnawarman, S.Sos., M.Si dan Bapak Arif Wicaksa, MA Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya PBB dalam penyelesaian sengketa antara Makedonia dan Yunani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang bersifat studi kepustakaan atau library research. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan content analysis dengan menggambarkan upaya PBB dalam penyelesaian sengketa antara Makedonia dan Yunani.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sengketa yang terjadi antara Makedonia dan Yunani merupakan salah satu sengketa yang cukup rumit karena ketidakinginan kedua belah pihak untuk melakukan perdamaian. Oleh sebab itu dibutuhkan pihak luar untuk membantu dalam penyelesaian kasus ini yaitu Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Pada awalnya keterlibatan PBB dalam kasus ini diharapkan dapat meredam kekacauan yang terjadi akibat sengketa. Upaya yang dilakukan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sendiri untuk menangani kasus ini sebagai pihak mediator, fasilitator, serta sebagai penyedia arbitrasi. Selain itu, PBB juga dalam upayanya melakukan kerjasama dengan International Court of Justice (ICJ). Namun sayangnya, tindakan PBB dalam menangani kasus ini dapat dikatakan kurang efektif yang mana hal tersebut terjadi karena PBB tidak dapat bersikap tegas. PBB sebagai organisasi internasional yang dianggap dapat memberikan sanksi atau tindakan dalam bentuk hukum tidak terjadi, PBB dalam mewujudkan penyelesaian sengketa ini hanya berbentuk sebagai fasilitator, mediator, dan penyedia arbitrasi tidak lebih daripada itu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Penyelesaian Sengketa Makedonia dan Yunani
Pengarang Novita Arima Laehe - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV u 2023
Subyek PBB
Makedonia
Yunani
Manajemen Resolusi Konflik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Hubungan Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua