Detail Cantuman Kembali
Fifin Yupita - Personal Name

Penerapan Fuzzy Time Series Lee Berbasis Average dan Sturges (Studi Kasus: Harga Minyak Goreng di Provinsi Kalimantan Timur)

Fuzzy Time Series (FTS) Lee merupakan salah satu model FTS hasil pengembangan model dari Song dan Chissom, Cheng, dan Chen. Tujuan penelitian ini adalah meramalkan harga minyak goreng per liter di Provinsi Kalimantan Timur menggunakan metode FTS Lee berbasis sturges dan average untuk periode Desember 2022 dan memperoleh hasil akurasi peramalan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) terkecil.
Hasil peramalan harga minyak goreng per liter di Provinsi Kalimantan Timur menggunakan FTS Lee berbasis average pada periode Desember 2022 adalah Rp18.650,00 dengan nilai MAPE sebesar 1,0277%, sedangkan peramalan FTS Lee berbasis sturges pada periode Desember 2022 adalah Rp19.518,00 dengan nilai MAPE sebesar 2,7305%. Nilai MAPE menggunakan FTS Lee berbasis average dan sturges kurang dari 10% menunjukkan hasil peramalan sangat akurat. Peramalan menggunakan FTS Lee berbasis average untuk harga minyak goreng per liter di Provinsi Kalimantan Timur merupakan metode penentuan panjang interval terbaik, karena memiliki nilai MAPE lebih kecil.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Fuzzy Time Series Lee Berbasis Average dan Sturges (Studi Kasus: Harga Minyak Goreng di Provinsi Kalimantan Timur)
Pengarang Fifin Yupita - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIF p 2023
Subyek Berbasis Average, Berbasis Sturges, FTS Lee, Harga
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan STATISTIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua