Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMA Al Khairiyah Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022
Annisa Suci Ramadani, 2022. Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMA Al Khairiyah Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibawah bimbingan Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd., M.Si selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMA Al Khairiyah Samarinda. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru bk dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa kelas XI di SMA Al Khairiyah Samarinda. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang di dapatkan dari 1 guru bk dan 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu wawancara, dokumentasi dan angket. Teknis analisis data pada penelitian ini ialah pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa yaitu melakukan bimbingan klasikal dengan topik meningkatkan pengelolaan belajar dan bekerjasama dengan guru mata pelajaran untuk menyampaikan masalah siswa terkait masalah belajar untuk dapat ditindaklanjuti oleh guru bimbingan dan konseling. Namun dalam melakukan layanan bk kurang efektif karena tidak ada sarana dan prasarana untuk melakukan layanan bk lainnya. Saran pada penelitian ini diharapkan strategi yang diberikan dapat lebih ditingkatkan lagi menggunakan layanan BK yang lainnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMA Al Khairiyah Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | ANNISA SUCI RAMADANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANI s 2023 |
Subyek | SRL, Strategi Guru BK |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY