Detail Cantuman Kembali
Irvan Deriano Koswara - Personal Name

Pengenalan Huruf Bahasa Jepamg Dengan Game Berbasis Mobile Menggunakan Metode Game Development Life Cycle

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang memiliki bentuk bahasa berbeda dengan bahasa asing lainnya. Sehingga tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang, khususnya karakter bahasa Jepang. Dilihat dari bentuk kebahasaannya, bahasa Jepang berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah Indonesia. Hal tersebut membuat siswa kesulitan untuk mempelajari bahasa Jepang lebih dalam, karena siswa harus menghafal banyak huruf baru. Permasalahan tersebut mengharuskan pengajar untuk mencari metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diakses oleh siswa sehingga proses belajar bahasa Jepang menjadi lebih mudah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dikembangkanlah game “Nihongo Battle” yang dapat membantu proses belajar huruf Hiragana menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Game ini dikembangkan dengan Unity Engine menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC). Sebelum membangun game dilakukan wawancara pada pengajar bahasa Jepang di SMA Negeri 2 Samarinda untuk mengetahui kendala selama pembelajaran bahasa Jepang. Untuk menguji game tersebut dilakukan dua pengujian yaitu pengujian beta dengan metode black box untuk mengetahui fungsi tombol serta mekanik game berjalan dengan baik dan pengujian kuesioner untuk mengetahui apakah game membantu dalam pembelajaran huruf Hiragana, pengujian beta dibuka secara umum sedangkan pengujian kuesioner dilakukan pada siswa SMA Negeri 2 Samarinda. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner yang dihitung menggunakan skala Likert didapatkan skor rata-rata sebesar 91,89% maka dapat disimpulkan game “Nihongo Battle” membantu dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengenalan Huruf Bahasa Jepamg Dengan Game Berbasis Mobile Menggunakan Metode Game Development Life Cycle
Pengarang Irvan Deriano Koswara - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRV p 2023
Subyek Game Development Life Cycle
Game Belajar Huruf Bahasa Jepang
Nihongo Battle
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua