Detail Cantuman Kembali
NOVITA EKA TYAS PRATIWI - Personal Name

HUBUNGAN USIA DAN KADAR PROSTAT SPECIFIC ANTIGEN (PSA) DENGAN DERAJAT HISTOPATOLOGI ADENOKARSINOMA PROSTAT DI RSUD ABDOEL WAHAB SJAHRANIE

Latar Belakang. Adenokarsinoma prostat adalah keganasan yang terjadi pada kelenjar prostat dimana terjadi pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkontrol. Prevalensi kasus adenokarsinoma di Indonesia mencapai angka kejadian 13.563 jiwa dan angka kematian mencapai 4.863 jiwa berdasarkan data yang dilaporkan GLOBOCAN pada tahun 2020. Adenokarsinoma prostat umumnya terjadi pada pria lanjut usia dan ketika terjadi peningkatan kadar PSA maka risiko terjadi adenokarsinoma prostat juga meningkat. Pentingnya mengetahui hubungan usia dan kadar prostate specific antigen (PSA) dengan derajat histopatologi untuk menentukan tatalaksana yang tepat dalam menangani kasus adenokarsinoma prostat.
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan kadar prostate specific antigen (PSA) dengan derajat histopatologi pasien adenokarsinoma prostat di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.
Metode. Desain penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study. Data penelitian berasal dari rekam medik pasien adenokarsinoma prostat di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda tahun 2018 – 2022 dengan metode pengambilan total sampling. Terdapat 52 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis bivariate menggunakan uji Chi-Square.
Hasil. Hasul penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan usia (p=0,433) dan kadar PSA (p=0,347) dengan derajat histopatologi pasien adenokarsinoma prostat di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN USIA DAN KADAR PROSTAT SPECIFIC ANTIGEN (PSA) DENGAN DERAJAT HISTOPATOLOGI ADENOKARSINOMA PROSTAT DI RSUD ABDOEL WAHAB SJAHRANIE
Pengarang NOVITA EKA TYAS PRATIWI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV h 2023
Subyek Usia, Kadar PSA, Derajat Histopatologi,
Adenokarsinoma Prostat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan KEDOKTERAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua