Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan
Wahyu Fadli Affandi. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, dibawah bimbingan ibu Thalita Rifda Khaerani, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu masyarakat kabupaten bulungan yang telah selesai berobat rawat jalan di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial dan simultan dan uji koefesien determinasi (��2 ) yang diolah dengan program IBM SPSS Statistics 26 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil pegolahan data atau hasil analisis data dalam penelitian ini didapatkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 2,707 + 0,248��1 + 0,808��2+e, dan berdasarkan uji hipotesis parsial (uji t) pada penelitian ini, didapatkan hasil bahwa secara parsial kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,095 > 1,985, dan juga didapatkan hasil bahwa secara parsial fasilitas rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8,458 > 1,985. Berdasarkan hasil pegolahan data atau hasil uji hipotesis simultan (uji f) pada penelitian ini, didapatkan hasil bahwa secara simultan kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan dan nilai F hitung sebesar 125,198 > 3,09. Berdasarkan uji koefesien determinasi (��2 ) didapatkan hasil bahwa pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan masyarakat sebesar 0,721 atau 72,1% dan sisanya sebesar 27,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan |
---|---|
Pengarang | Wahyu Fadli Affandi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YOL k 2023 |
Subyek | kualitas pelayanan kesehatan; fasilitas rumah sakit; kepuasan masyarakat |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY