Detail Cantuman Kembali
Windri Zulfani Rahayu - Personal Name

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Rumah Burung Walet Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) juga bisa dibilang sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi dalam mengambil keputusan atas masalah semiterstruktur yang spesifik. Sarang burung walet memiliki banyak manfaat terutama nilai jual yang sangat tinggi, oleh karena itu orang-orang mulai membudidayakan sarang burung walet dengan membangun gedung atau rumah berkualitas, agar mudah didapatdan terus dihasilkan. Budidaya sarang burung walet tidak terlepas dari pemilihan lokasi pembangunan rumah untuk burung walet yang tepat. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Rumah Burung Walet (RBW) ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting), dimana Metode perangkingan ini diharapkan melakukan penilaian dengan lebih efektif yang didasari dengan kriteria dan bobot yang telah ditentukan sehingga menghasilkan perhitungan yang akurat dalam pemilihan lokasi rumah burung walet. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di desa Kelinjau Ilir dan desa Kelinjau Ulu, Kecamatan Muara Ancalong, ditemukan beberapa rumah burung walet yang telah dibangun pada akhirnya tetap tidak berpenghuni atau tidak ada burung walet selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun
dikarenakan beberapa faktor salah satunya yaitu salah dalam menentukan lokasi. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi bagi masyarakat pembudidaya burung walet khususnya yang ada di desa Kelinjau Ilir dan Kelinjau Ulu, Kecamatan Muara Ancalong agar memudahkan serta tidak salah dalam mengambil suatu keputusan untuk menentukan lokasi yang lebih tepat dan akurat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Rumah Burung Walet Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)
Pengarang Windri Zulfani Rahayu - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WIN s 2023
Subyek SAW, Burung Walet, RBW
Budidaya, Pembangunan, SPK
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua