Detail Cantuman Kembali
Mirdawati Dewi - Personal Name

MINAT KERJA DAN TINGKAT PARTISIPASI PEMUDA KELUARGA PETANI DAN MAHASISWA PERTANIAN PADA SEKTOR PERTANIAN

MIRDAWATI DEWI, Minat Kerja dan Tingkat Partisipasi Pemuda Keluarga Petani dan Mahasiswa Pertanian pada Sektor Pertanian. Program Studi Magister Pertanian Tropika Basah Universitas Mulawarman, 2020. Dibawah bimbingan (Achmad Zaini dan Juraemi).
Terjadi fenomena penurunan jumlah tenaga kerja dan penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian dari tahun ke tahun. Kutai Timur merupakan salah satu kabupaten yang memiliki peranan di sektor pertanian yang sangat besar, hal ini dibuktikan dengan penyerapan tenaga kerja di sektor ini mencapai 38,88 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat kerja, tingkat partisipasi maupun hubungan antara minat kerja dan tingkat partisipasi pemuda keluarga petani dan mahasiswa pada sektor pertanian.
Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juli sampai dengan Oktober 2022. Lokasi penelitian di Kelurahan Singa geweh Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur dan Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur. Penentuan jumlah sampel memakai rumus slovin, pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Mengukur minat dan partisipasi menggunakan skala likert dan analisis uji Sperman Rank untuk mencari hubungan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat pemuda keluarga petani diperoleh nilai 53,85 dan nilai mahasiswa 59,79 pada sektor pertanian berdasarkan indikator kesenangan, ketertarikan, keterlibatan dan keinginan berada pada kategori kurang berminat. Tingkat partisipasi pemuda keluarga petani diperoleh nilai 39,1 dan nilai mahasiswa 40,44 pada sektor pertanian berdasakan indikator perancanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan berada pada kategori kurang berpartisipasi. Angka koefisien korelasi bernilai positif yaitu 0,790 dan 0,377 yang berarti terdapat hubungan antara minat kerja dan tingkat partisipasi pemuda keluarga petani dan mahasiswa pada sektor pertanian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MINAT KERJA DAN TINGKAT PARTISIPASI PEMUDA KELUARGA PETANI DAN MAHASISWA PERTANIAN PADA SEKTOR PERTANIAN
Pengarang Mirdawati Dewi - Personal Name
No. Panggil TESIS MIR m 2023
Subyek Minat, Partisipasi, Hubungan, Pemuda, Mahasiswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Magister Pertanian Tropika Basah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua