Detail Cantuman Kembali
Iyank Fatah Firmansyah - Personal Name

Analisis Teknik Dasar Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Samarinda

Iyank Fatah Firmansyah, 2023. Analisis Teknik Dasar Bola Voli Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Muchamad Samsul Huda, S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Bapak M. Sukron Fauzi, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim, yang masingmasing tim berjumlah 6 pemain. Setiap pemain memiliki keterampilan khusus yakni sebagai pemukul, pengumpan dan libero. Permainan bola voli dimainkan satu bola yang dipantulkan dengan batas tiga kali sentuhan dari satu pemain kepemain lain dengan cara passing yang diakhiri dengan pukulan smash pada tim lawan, dan untuk tim dipisahkan oleh ketinggian tertentu atau net. Dalam bermain bola voli diperlukan penguasaan Teknik Dasar dalam bermain Bola Voli salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai dalam bola voli yaitu Servis Atas, Passing Bawah dan Smash. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik dasar servis atas, passing bawah, smash bola voli pada salah salah satu ekstrakurikuler sekolah yaitu pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Samarinda.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah 15 siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 8 Samarinda. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh maka seluruh populasi yaitu 15 siswa akan menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan tes servis atas, passing bawah dan smash bola voli. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS versi 23.0.
Hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian menunjukan bahwa dari 15 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 8 Samarinda, menunjukan bahwa teknik dasar servis atas dengan nilai rata-rata 7,73 dengan kategori cukup menjadi persentase tertinggi yaitu 40% sebanyak 6 siswa sehingga teknik servis atas bola voli berada pada kategori cukup. Pada passing bawah dengan nilai rata-rata 22,93 dengan kategori cukup menjadi persentase tertinggi yaitu 40% sebanyak 6 siswa serhinnga passing bawah bola voli berada pada kategori cukup. Serta pada teknik dasar smash dengan nilai rata-rata 100,07 dengan kategori kurang menjadi persentase tertinggi yaitu 40% sebanyak 6 siswa sehingga teknik smash bola voli masih berada dibawah rata-rata atau kategori kurang. Dapat di simpulkan bahwa secara keseluruhan teknik dasar bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Samarinda dalam kategori cukup.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Teknik Dasar Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Samarinda
Pengarang Iyank Fatah Firmansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IYA a 2023
Subyek Bola Voli, Passing Bawah, Servis Atas, Smash
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN JASMANI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua