Detail Cantuman Kembali
Dalmin - Personal Name

Pengolahan Air Asam Tambang Pada Void Arjuna Menggunakan Metode Floating Treatment Wetland Di PT Lanna Harita Indonesia (LHI)

Air asam tambang (adalah air yang terbentuk di lokasi penambangan dengan pH rendah (pH kurang dari 6) sebagai dampak dibukanya suatu potensi keasaman batuan sehingga menimbulkan permasalahan terhadap kualitas air dan tanah. Hal ini dapat menghancurkan habitat perairan, dan berdampak terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode floating treatment wetland dengan variasi jumlah tanaman Eleocharis dulcis dan Cyperus rotundus terhadap parameter pH, Fe, Mn, dan TSS pada void Arjuna PT LHI. Mengetahui pengaruh variasi waktu tinggal terhadap parameter pH, Fe, Mn, dan TSS pada void Arjuna PT LHI.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Floating Treatment Wetland dalam skala laboratorium dengan 7 buah reaktor berukuran 52,5 x 37 x 28,5 cm. Reaktor 1, 2 dan 3 berisi tanaman purun tikus (Eleocharis dulcis) dan reaktor 4, 5, dan 6 berisi tanaman rumput teki (Cyperus rotundus) dengan variasi jumlah tanaman 2, 4, dan 6, dan reaktor 7 tanpa menggunakan tanaman. Waktu tinggal selama 25 hari dengan variasi waktu tinggal 5, 10, 15, 20 dan 25.
Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh metode floating treatment wetland dengan variasi jumlah tanaman kenaikan optimum pada tanaman purun tikus ialah dengan jumlah 6 tanaman, pH awal 3,59 mg/L menjadi 6,12 mg/L dan kenaikan optimum pada tanaman rumput teki ialah dengan jumlah 6 tanaman pH awal 3,59 mg/L menjadi 6,20 mg/L. pengaruh variai jumlah tanaman terhadap parameter Fe pada tanaman purun tikus menunjukkan hasil yang fluktuatif. pengaruh variasi jumlah tanaman pada tanaman rumput teki penurunan paling besar pada reaktor dengan jumlah tanaman 4, Fe awal 0,3 mg/L menjadi 0,04 mg/L. Pengukuran parameter TSS, Fe dan Mn dengan variasi jumlah tanaman menunjukkan hasil yang fluktuatif. Pengaruh waktu tinggal terhadap parameter air asam tambang hasil pengukuran menunjukkan pengaruh waktu tinggal paling optimum ialah pada parameter pH pada waktu tinggal 25 hari pada tanaman purun tikus maupun rumput teki serta parameter Fe pada waktu tinggal 10 hari pada tanaman rumput teki.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengolahan Air Asam Tambang Pada Void Arjuna Menggunakan Metode Floating Treatment Wetland Di PT Lanna Harita Indonesia (LHI)
Pengarang Dalmin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DAL p 2023
Subyek Air Asam Tambang, Floating Treatment Wetland,
Eleocharis dulcis dan Cyperus rotundus
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua