Detail Cantuman Kembali
Maisaroh - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat Tema 6 Subtema 1 Melalui Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Siswa Kelas V SDN 015 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 015 Samarinda Ulu khususnya muatan mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat Tema 6 Subtema 1 Melalui Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Siswa Kelas V SDN 015 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 015 Samarinda Ulu yang berjumlah 27 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan pelajaran PPKn dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan media canva. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes evaluasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai pra siklus siswa 58,88 dengan persentase ketuntasan 37,04% predikat sangat kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 5,67% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 62,22 dengan persentase ketuntasan 51,85% predikat cukup. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,51% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 70,37 dengan persentase ketuntasan 70,37% predikat baik. Hasil belajar siswa siklus III mengalami peningkatan sebesar 40,59% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 82,78 dengan persentase ketuntasan 88,89% predikat sangat baik dengan 24 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas, serta mencapai lebih dari indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PPKn materi hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat tema 6 subtema 1 melalui media pembelajaran berbasis canva pada siswa kelas V SDN 015 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat Tema 6 Subtema 1 Melalui Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Siswa Kelas V SDN 015 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023
Pengarang Maisaroh - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAI p 2023
Subyek Hasil Belajar, PPKn, Panas
dan Perpindahannya, Media Canva.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua